SATU Bahasa, Bahasa Indonesia!


Bahasa Indonesia, yang terancam hampir punah? Hee? Masak?!
Contoh nyatanya.. Zaman sekarang tuh bahasa Indonesia dipakai seenaknya, semaunya aja! Juga di campur-adukin sama bahasa inggris.. Lagu-lagu juga udah mulai ga merhatiin kata-katanya lagi.. Kasarnya, 'yang penting tuh lagu jadi, ngetop, banyak uang dah!'. Masih perlu contoh lainnya yang sangaaaaaat konkret lagi? Lihat deh, nilai ulangan Bahasa INDONESIA para siswa siswi kita tercintoooh.. awwww.. mulai dari anak SD, SMP, SMA... bahkan kebanyakan nilai bahasa Inggrisnya lebih bagus daripada bahasa INDONESIA sendiri??!!

Hahaha, aneh tapi nyata. Tapi yaa, itulah pemirsa realitanya. Sierra aja yang nulis artikel ini juga masih tidak menggunakan bahasa persatuan kita tersayangg ini.. Soalnya kalo buat seorang Sierra.. Nulis sesuatu itu yang penting bisa dicerna ajah!! (tuh kan, semena".. Hhaxxzz..)

Sebenernya siih, pengen juga nulis pake bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan EYD yang disempurnakan... Kapaan y? Kapan-kapan saja di lain kesempatan deh! Hehehe.. Tapi yang jelas, aku bangga berbahasa INDONESIA, Oh Indonesia, kalau bukan kita, siapa lagi yang melestarikan bahasa yang disumpah pada tahun 1928 ini?

Berbeda sama negara yang diawali dengan huruf "J", dimana orang disana tuh menjunjung tinggi bahasanya.. Kebanyakan dari mereka bahkan benci banget sama bahasa asing, apalagi sama bahasa inggris! Yup, Jepang alias negeri sakura yang maju banget teknologinya sangat amat cinta bahasanya sendiri. Ga hanya itu, nihongo a.k.a. bahasa jepang juga banyak dipelajari orang-orang diseluruh dunia.. Entah mereka tertarik sama bahasanya, atau emang di pelajarin di sekolahnya, atau emang gara-gara mau berkaryawisata ke sana..!
Orang Pribumi pun juga banyak yang termasuk otaku atau penggila jepang atau jepang mania.. Ada yang bela-belain sampe kursus jepang padahal di sekolahnya sih ga ada pelajarannya tapi, karena saking pengennya bisa tuh bahasa... Maksudnya sayaaaa... Hahahaha... Alasan saya sendiri belajar ni bahasa juga ga jelas tujuannya, yang penting bisaaaa ajaaa! Karena aku suka belajar bahasa-bahasa yang baru! Tapi terutama bahasa jepang.. Kemudian di sekolah, saya mengenal sama bahasa jerman atau DEUTSCH dan membuatku lebih pilih bahasa jerman aja deh! Dan sekarang jadinya les bahasa jepangnya terhenti deeh.. Gomenne senseii fridaaaaa! Oh, maafkan muridmu yang bagai katak dalam tempurung ini... Kuputuskan untuk cuti dari les bahasa jepang dulu, dan ngelanjutin suatu hari nanti.. (baca: kapan-kapan kalo ada waktu). Semoga terwujud! Yang jelas.. kalo aku udah pinter bahasa jerman dulu yaah! hehehee...

*lho? kok jadi curhat gini... Ya saudara-saudara setanah air.. kalo gitu mari kita ambil kesimpulan bahwa:
Jangan pernah lupakan Bahasa Persatuan kita, BAHASA INDONESIA!
Mulai sekarang... berusaha lebih baik menggunakan bahasa Indonesia, kata yang baku.. Jangan campurkan bahasa Indonesia dengan bahasa lain.
Daaaan, berusaha terus 'tuk raih nilai BAHASA INDONESIA yang bagus! Kalo bahasa asing aja bisa 10, kok bahasa sendiri malah ga lulus SKBM?!..
Oh ya, sekedar info aja, Sekarang ini, udah lebih dari 50 Negara di dunia yang menobatkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu pelajaran di sekolah-sekolah nya! Hebaaaaat! Maju terus Bahasa Indonesia!

No comments:

Post a Comment